Tutorial Belajar Cepat Microsoft Excel - Sebenarnya ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, yang pada postingan sebelumnya Tutorial Unik telah berbagi ilmu yaitu Tutorial Mudah Belajar Microsoft Excel. Setelah pada update sebelumnya sudah dibahas mengenai Cara Memulai Microsoft Excel 2007, maka pada tutorial kali ini akan Kita bahas mengenai Pengenalan Microsoft Excel 2007 Lanjutan (Memulai Microsoft Excel, Lingkungan Kerja Microsoft Excel, Tipe-tipe Data, Workbook/Buku Kerja dan Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007). Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 ini bisa Anda dapatkan secara GRATIS (alias g bayar), cukup dengan buka komputer/laptop, tablet atau smartphone Anda dan langsung akses blog Belajar Komputer. Baik tanpa harus panjang lebar ceritanya, langsung aja deh Kita bahas poin per poin materi tentang
Cara Belajar Microsoft Excel 2007 agar bisa lebih Mudah dan Cepat. Berikut beberapa tahapan agar menggunakan Microsoft Excel bisa jauh lebih mudah.
Beberapa Tahapan Awal Menggunakan Microsoft Excel 2007
Beberapa Tahapan Awal Menggunakan Microsoft Excel 2007
Memulai Microsoft Excel
Seperti sudah dibahas pada update sebelumnya mengenai Cara Memulai Microsoft Excel, Ada beberapa cara untuk memulai Microsoft Excel, berikut adalah salah satu cara yang paling sering digunakan.
Seperti sudah dibahas pada update sebelumnya mengenai Cara Memulai Microsoft Excel, Ada beberapa cara untuk memulai Microsoft Excel, berikut adalah salah satu cara yang paling sering digunakan.
- Klik Start, pilih Program.
- Cari menu item Microsoft Office 2007, kemudian klik Microsoft Excel.
- Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman kerja Microsoft Excel 2007.
Lingkungan Kerja Microsoft Excel
Untuk bekerja secara optimal dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.
Tipe-tipe Data
Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan formula.
Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan formula.
- Label : Atau string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.
- Numerik : Data yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.
- Formula : Merupakan perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.
Untuk mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe label. Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai B4). Data terakhir ini beritipe formula. Nah sekarang sudah tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label, Numerik dan Formula.
Workbook (Buku Kerja)
Pada saat memulai Microsoft Excel, secara standar (default) Microsoft Excel memunculkan sebuah buku kerja (workbook) baru bernama Book1, agar Kita dapat melakukan berbagai aktivitas pada lembar kerja (worksheet). Walaupun demikian, bila diperlukan Kita dapat melakukan beberapa hal berkaitan dengan buku kerja tersebut antara lain :
- Membuat Buku Kerja (Workbook) : Untuk membuat workbook, caranya sangat mudah sekali, tinggal Klik Office Button pilih New, nanti akan muncul tampilan baru pada area Blank And Recent pilih Blank Workbook baru klik di area Create di pojok kanan bawah, maka Anda sudah berhasil membuat lembar kerja baru, sedangkan jika Anda ingin lebih cepat lagi tinggal tekan kombinasi tombol CTRL+N maka workbook baru akan langsung terbuka.
- Menyimpan Buku Kerja : Worksheet yang telah dibuat perlu disimpan untuk dapat digunakan di kemudian hari. Untuk menyimpan Workbook, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
- Klik Office Button, kemudian pilih Save. Kotak dialog save as akan muncul seperti gambar di bawah ini.
- Tentukan tempat penyimpanan data anda pada Combo Box Save In bagian atas.
- Beri nama file pada kotak isian File Name.
- Klik tombol Save, untuk mengakhiri penyimpanan
Note: Save as type menyatakan format file. Ini berarti anda dapat menyimpan data anda dengan format selain Microsoft Excel. Hal ini penting bila anda ingin mengolah data di Microsoft Excel, tetapi memperbaiki atau mencetaknya di program spreadsheet yang lain (misalnya Versi Excel 1997 - 2000, Lotus, Quatro Pro dll).
Menutup Buku Kerja
Untuk menutup workbook anda dapat menggunakan Office Button kemudian dilanjutkan dengan memilih Close. Seringkali muncul pesan sebagai berikut :
Pertanyaan tersebut berarti ada sebagian atau seluruh data yang anda buat belum disimpan. Ada tiga pilihan, yaitu Yes berarti anda menyimpan perbaikan atau perubahan Worksheet yang anda buat, No menyatakan tidak menyimpan, dan Cancel berarti anda tidak jadi menutup Workbook tersebut.
Membuka Kembali Buku Kerja
Workbook yang telah disimpan dapat ditampilkan kembali untuk diedit atau dicetak kapan saja. Membuka workbook dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Klik Office Button kemudian diteruskan dengan memilih Open. Maaka Kotak dialog membuka Workbook akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
- Pilih nama file yang akan dibuka, kemudian klik Open.
Note: Jika file tidak ada, cari lokasi penyimpanannya pada kotak Look in: kemudian klik Directories atau Drives, di mana file yang akan dibuka berada.
Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007
Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Bila muncul pesan bahwa workbook tersebut belum disimpan, gunakan prosedur yang yang sudah dijelaskan diatas.
Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Bila muncul pesan bahwa workbook tersebut belum disimpan, gunakan prosedur yang yang sudah dijelaskan diatas.
Sekian dulu update mengenai Belajar Microsoft Excel 2007 , jangan lupa baca juga ya update sebelumnya mengenai Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah Tahap I supaya tambah mantap pemahamannya mengenai Belajar Microsoft Excel 2007. Semoga update kali ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk Kita semua Amien. Tunggu update selanjutnya ya :)